Cara Menggunakan TAG di WordPress yang Benar

Posted on

tag wordpressTAG adalah salah satu bagian terpenting di WordPress dalam hal SEO Onpage. Peranan tag cukup signifikan dalam meningkatkan SERP dari artikel dan blog secara keseluruhan, namun tag juga bisa menjadi bumerang dan bahkan bisa membunuh serp dari artikel tersebut. Oleh karena itu harus mengetahui cara menggunakan TAG yang benar agar tidak salah dalam optimasi serp.

Fungsi dan Kelebihan TAG

Fungsi TAG mirip dengan kategori, yaitu mengelompokkan artikel berdasarkan jenisnya. Saat ini tag memiliki kelebihan lebih cepat mendapat perhatian mesin pencari untuk dilakukan crawling, sehingga mempermudah pengindexan artikel di dalam tag itu.

Kita bisa menggunakan TAG untuk mendukung SERP kata kunci dari artikel yang telah kita buat. Sehingga bisa menciptakan lebih dari satu pengindexan terhadap satu artikel yang kita posting.

Kelemahan TAG

Ada kelebihan pasti ada kelemahan. Hal ini tentu berlaku pada sistem optimasi apapun, baik optimasi ON Page maupun Off Page.

Penggunaan TAG yang berlebihan bisa mengakibatkan spam. Spam di sini bisa terdiri dari spam kata kunci dan duplikasi artikel. Efeknya tentu kurang baik terhadap serp artikel.

Apabila terjadi penumpukan kata kunci berlebihan, bukan tidak mungkin blog akan mendapat pinalti dari Google, dengan algoritma Pinguinnya. Sedangkan apabila terjadi duplikasi artikel, Google akan sedikit kesulitan untuk memilih artikel mana yang sebenarnya akan diberi peringkat terbaik di mesin pencari Google.

Cara menggunakan Tag di WordPress yang benar

Dalam dua minggu ini saya melakukan riset penggunaan TAG di wordpress, dan alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan.

Berdasarkan hasil riset saya, TAG sebaiknya digunakan pada artikel yang berjumlah minimal dua dengan jenis yang sama.

Jangan sampai terjadi duplikasi TAG. Artinya pada dua artikel yang sama, jangan membuat dua tag berbeda, karena bisa dianggap duplikat.

Cara paling bijak adalah TAG disisipkan setelah artikel selesai dengan mempertimbangkan kesamaan jenis artikel terbaru dengan artikel lama, sehingga TAG yang kita buat benar-benar sesuai, baik secara user friendly maupun secara seo friendly.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

6 thoughts on “Cara Menggunakan TAG di WordPress yang Benar

  1. Saya masih bingung bagian akhir. “Jangan sampai terjadi duplikasi TAG. Artinya pada dua artikel yang sama, jangan membuat dua tag berbeda”, maksudnya gimana ya dua artikel sama?

    Sama yang menyisipkan tag itu, bukannya udah otomatis ada kalo udah diinput di kolom tags yang ada di bagian kanan itu?

    1. misal kita punya dua artikel dengan tema sama, contoh pendidikan. jangan membuat TAG sebanyak lebih dari satu kali terhadap 2 artikel itu, misal tag pendidikan modern dan pendidikan terkini.

      dua TAG itu akan menjadi duplikasi tag dan kurang baik untuk serp artikel yang ada di dalamnya.

  2. ane.. masih belum paham mas.. maksudnya gmn yah ? seandainya ada lampiran screenshootnya mungkin lebih memudahkan,

    klw bgini gmn mas…
    ada 2 artikel
    artikel A : lowongan kerja di pt anu
    artikel B : lowongan kerja untuk smk

    untuk penggunannya artikel 1 : TAG lowongan pekerjaan bandung
    artikel b : TAG lowongan kerja bandung..

    klw bgtu termasuk duplikasi gak mas ..

    terima kasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *